INOVASI PEMBELAJARAN BENTUK ALJABAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DEDAUNAN

Gayuh, Gayuh and Mampouw, Helti Lygia (2016) INOVASI PEMBELAJARAN BENTUK ALJABAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DEDAUNAN. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 608-612. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Gayuh, Helti_SMP Pandak Bantul.pdf] Text
Gayuh, Helti_SMP Pandak Bantul.pdf

Download (366kB)

Abstract

Bentuk aljabar termasuk materi yang abstrakkarena lebih banyak berhubungan dengan simbol dan aturan. Oleh karena itu diupayakan alat peraga yang dapat membantu merepresen- tasikan bentuk aljabar.Makalah ini ditulis dengan tujuan mendeskripsikan inovasi dalam pem- belajaran bentuk aljabar yang menafaatkan dedaunan sebagai alat. Dedaunan mudah diperoleh, tersedia tanpa batas dan dikenal oleh siswa. Disusun skenario pembelajaranuntuk siswa kelas VIII SMP,menggunakan dedaunan untuk menulis ekspresi aljabar, menyederhanakan bentuk aljabar dan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar. Pada akhir pembelajaran diperoleh hasil bahwa pembelajaran terlaksana dalam suasana yang menyenangkan, siswa menjadi senang, tertarik, bersemangat dan tertantang dalam belajar. Hasil tes mencapai rata-rata 80,2 dengan 73% siswa tuntas belajar. Diharapkan pemanfaatan dedaunan pada pembelajaran bentuk aljabar dapat menambah wawasan guru dalam berinovasi untuk menyediakan alat-alat peraga pada topik-topik matematika lainnya.

Kata kunci: dedaunan, matematika, bentuk aljabar

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:36
Last Modified: 27 Sep 2016 09:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item