Daniswari, Herwinda Putri and Istiqomah, Nanda (2016) PENERAPANLAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI UPAYA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 387-393. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Herwinda Putri_BK UNM 1.pdf Download (391kB) |
Abstract
Pendidikan karakter adalah pendidikan yang penting dalam membangun SDM bangsa yang unggul. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Kemendiknas menyatakan pendidikan karakter memiliki 18 nilai karakter yaitu religius, jujur, to- leransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar memba- ca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, 18 nilai karakter ter- sebut perlu diinternalisasikan ke dalam semua mata pelajaran, tidak terkecuali materi bimbingan yang diberikan oleh konselor melalui strategi pemberian layanan bimbingan klasikal yang aktif dan menyenangkan. Strategi layanan bimbingan yang dapat diterapkan konselor dalam menanamkan nilai karakter yaitu dengan menggunakan metode questions students have dan active knowledge sharing. Metode ini merupakan bagian dari active learning. Nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada siswa melalui metode questions students have yaitu nilai karakter komunikatif, sedangkan nilai karakter dari active knowledge sharing yaitu rasa ingin tahu, gemar membaca, dan komu- nikatif. Layanan bimbingan klasikal melalui metode ini diharapkan dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter kepada siswa, sehingga siswa memiliki nilai-nilai karakter yang kuat dan dapat meningkatkan mutu pendidikan nasional serta membangun peradapan bangsa yang unggul dan berkarakter.
Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Questions Students Have, Active Knowledge Sharing, Pendidi- kan Karakter, Active Learning.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 09:37 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 09:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3780 |
Actions (login required)
View Item |