PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Widodo, Hendro (2019) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22 (1).

[thumbnail of PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA.pdf] Text
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas di SD Muhammadiyah Macanan Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, 6 orang guru 6 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan: penguatan pendidikan karakter religius dilakukan terintegrasi dengan beberapa mata pelajaran seperti ismubaris, al-islam, bahasa arab, praktik ibadah, dan kemuhammadiyahan. Penguatan pendidikan karakter nasionalisme melalui kegiatan rutin upacara bendera setiap hari senin, dan ektrakulikuler membatik dan karawitan. Penguatan Pendidikan Karakter mandiri yaitu siswa membuat peraturan kelas (golden class). Penguatan pendidikan karakter gotong royong yaitu siswa saling tolong menolong dalam melakukan setiap kegiatan. Penguatan pendidikan karakter integritas yaitu siswa bertanggung jawab dalam mengerjakan pembelajaran maupun dalam kegiatan di luar kelas.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:44
Last Modified: 05 Dec 2022 03:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37812

Actions (login required)

View Item View Item