PENERAPAN KURIKULUM ISMUBA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN

Handayani, Astuti Budi and Widodo, Hendro and wahyudi, waluyo erry (2019) PENERAPAN KURIKULUM ISMUBA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2). ISSN P-ISSN: 2086-9118 | E-ISSN: 2528-2476

[thumbnail of PENERAPAN KURIKULUM ISMUBA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN.pdf] Text
PENERAPAN KURIKULUM ISMUBA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang penerapan kurikulum ismuba untuk pembentukan karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan, dimana terjadinya degradasi moral pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan kurikulum ismuba dalam pembentukan karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Sedangkan, metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengungkapkan berbagai kondisi yang ditemukan di lapangan yang berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum ismuba di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder, yaitu kepala sekolah, pengembang kurikulum, dokumen kurikulum ismuba, dokumen kurikulum SMP Muhammadiyah Banguntapan, serta dokumen-dokumen yang terkait denga kurikulum sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum ismuba untuk membentuk karakter islami pada siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan sudah berjalan sesuai dengan rencana, dan menjadi pembiasaan di SMP Muhammadiyah Banguntapan, sehingga sedikit demi sedikit karakter islami pada siswa mulai terbentuk. Akan tetapi memang tidak dipungkiri ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, di antaranya belum semua guru selain guru ismuba terlibat langsung dalam pembiasaan program-program ismuba.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:47
Last Modified: 05 Dec 2022 04:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37819

Actions (login required)

View Item View Item