MEMBANGUN CHARACTER BUILDING BAGI ANAK DIFABEL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Istiqomah, Istiqomah and Widodo, Hendro (2019) MEMBANGUN CHARACTER BUILDING BAGI ANAK DIFABEL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 16 (2). ISSN P-ISSN 1412-5382 E-ISSN 2598-2168

[thumbnail of MEMBANGUN CHARACTER BUILDING BAGI ANAK DIFABEL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf] Text
MEMBANGUN CHARACTER BUILDING BAGI ANAK DIFABEL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji ranah penanaman dan pengembangan karakter bagi anak difabel dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD NU Sleman. Kajian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisa data dilakukan dengan model Spradley yakni teknik analisa data dengan pengumpulan data dilakukan secara bersamaan. Analisis ini terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis data. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter bagi anak difabel di SD NU yaitu tentang kemandirian, penerimaan diri dan sosial, dan self confidenceterutama di sekolah. Dengan penanaman karakter ini, peserta difabel tidak mendapatkan persepsi negatif oleh peserta didik normal lainnya. Justru peserta didik normal mengapresiasi dan mengagumi kegigihan belajar peserta didik difabel.SD NU memiliki kurikulum terpadu dalam pembelajaran PAI agar pembentukan karakter akhlaqul karimahsemakin terwujud.Peserta didik difabel ataupun yang berkebutuhan khusus lainnya berhak mendapat pendidikan agama Islam yang sama meskidengan keterbatasan yang ada. Dalam menetapkan materi, tujuan, dan metode pembelajaran agama Islam, guru mempertimbangkan kemampuan, kedalaman materi, metode, serta waktu yang tersedia.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:20
Last Modified: 05 Dec 2022 07:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37822

Actions (login required)

View Item View Item