IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INKLUSI SEKOLAH DASAR INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA

Rahmatika, nuniek and ratrianasari, dani and Widodo, Hendro (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INKLUSI SEKOLAH DASAR INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12 (1). ISSN p-ISSN 2085-1243 | e-ISSN 2579-5457

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INKLUSI SEKOLAH DASAR INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA.pdf] Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INKLUSI SEKOLAH DASAR INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA.pdf

Download (1MB)

Abstract

UNESCO mecetuskan bahwa educational for all atau pendidikan untuk semua
atau pendidikan disemua kalangan yang berarti bahwa semua siswa berhak mendapatkan
apa yang dicita-citakan, dan tanpa diskriminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana kurikulum 2013 dapat diimplementasikan di sekolah inklusi. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara
menyeluruh dan mendalam mengenai isu atau fenomena di sekolah inklusi. Wawancara,
observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu wakil kepala sekolah bagian
kurikulum, koordinator inklusi, wali kelas dan guru pendamping khusus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Penerapan kurikulum 2013 di sekolah inklusi, dimulai pada
perencanaan, pembuatan RPP dan silabus dibuat bersama-sama guru pendamping khusus.
penyususnan RPP dan silabus dilakukan sesuai dengan hasil assessmen psikolog
berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh siswa berkebutuhan. 2) Perbedaan dan kesamaan
kurikulum 2013 pada siswa berkebutuhan khusus. berdasarkan hal tersebut, dalam RPP
masih belum ada perbedaan dan pemisahan antara siswa berkebutuhan dan siswa reguler.
Perbedaan tersebut terletak pada penyampaian metode yang dilakukan oleh guru
pendamping khusus. 3) Evaluasi yang diterapkan pada kurikulum 2013 untuk siswa
berkebutuhan khusus dengan melakukan laporan perkembangan siswa berkebutuhan
bekerjasama dengan guru pendamping khusus. Guru pendamping akan menganalisis
perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:09
Last Modified: 05 Dec 2022 08:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37827

Actions (login required)

View Item View Item