PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRACTICAL LIFE

Haryadi, Didit and Widodo, Hendro (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRACTICAL LIFE. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2). ISSN E-ISSN: 2503-1481

[thumbnail of PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRACTICAL LIFE.pdf] Text
PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRACTICAL LIFE.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya rasa peduli terhadap lingkungan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi melalui pembelajaran nyata.Menciptakan kesadaran dan keterampilan hidup merupakan cara terbaik dalam mewujudkan budaya.Salah satu cara yang perlu ditingkatkan di sekolah adalah dengan sinkronisasi kurikulum yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan practical lifedalam peduli dan berbudaya lingkungan. Penelitian ini bertujuan untukmengembangkankurikulum berbasis adiwiyatadalam membentuk dan meningkatkan kemampuan practical lifeuntuk peduli dan berbudaya.Setting penelitian ini adalahSMP Pangudiluhur Sedayu Yogyakartadengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa.Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan yang digunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis Adiwiyata di SMP Pangudiluhur memiliki ciri khas unik yaitu kurikulum yang disinkronkan dengan adiwiyata untuk meningkatkan kemampuan practical life.Temuan dari penelitian yang sudah dilakukan adalah mengidentifikasi konsep dan membuat kebijakan baru terkait program adiwiyata di lingkungan sekolah.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:46
Last Modified: 05 Dec 2022 08:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37829

Actions (login required)

View Item View Item