PENERAPAN KURIKULUM PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA MTS AL-KHAIRIYAH PULOKENCANA

Suwandi, suwandi and Widodo, Hendro (2021) PENERAPAN KURIKULUM PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA MTS AL-KHAIRIYAH PULOKENCANA. JURNAL IDEAS ; Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7 (3). ISSN E-ISSN: 2656-940X P-ISSN: 2442-367X

[thumbnail of PENERAPAN KURIKULUM PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA MTS AL-KHAIRIYAH PULOKENCANA.pdf] Text
PENERAPAN KURIKULUM PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA MTS AL-KHAIRIYAH PULOKENCANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pergeseranmoral bangsa yang ada di Indonesia ini sudah semestinya menjadi keperhatinan di era modern ini.Oleh karena itu,penyelenggaraan pendidikan berbasis karakter tidak sebatas tanggungjawab pemerintah melalui pendidikan formal, namun pendidikan yang utama dan yang pertama adalah pendidikan informal,yaitu keluarga, dan pendidikan nonformal, yaitu masyarakat.Tujuan penelitian ini untuk menganalisispenerapan kurikulum pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter Islami siswaMTs Al-Khairiyah Pulokencana.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pulokencana Pontang. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan,dan siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Milesdan Hubarman, yakni data reduction, data display, dandata conclusion drawing/verification.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI)terhadap pembentukan karakter islami pada siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana Pontang sudah berjalan sesuai rencana misalnya berdoa sebelum belajar dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran. Karakter Islami yang dimaksud adalah karakter religius, jujur, dermawan, peduli lingkunganmdan berjiwa sosial.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 09:12
Last Modified: 05 Dec 2022 09:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37831

Actions (login required)

View Item View Item