KURIKULUM ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN

Mufti, Umam and Widodo, Hendro (2021) KURIKULUM ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN. Journal of Islamic Education and Innovation, 2 (1). ISSN p-ISSN 2746-9999 e-ISSN 2775-5665

[thumbnail of KURIKULUM ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN.pdf] Text
KURIKULUM ISMUBA DI SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam di sekolah Muhammadiyah memiliki kekhasan yang berbeda dengan sekolah umum dengan karakteristik Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan kurikulum ISMUBA yang menjadi kekhasan di SD Muhammadiyah Banguntapan. Jenis Penelitian yang digunakan oleh penelitian adalah penelitian kualitatif studi kasus, yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan ragam keadaan yang didapatkan oleh peneliti di lokus penelitian tentang hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum ISMUBA. Data-data pada peneltian ini bersumber dari guru pengampu mata pelajaran ISMUBA, dan beberapa guru mata pelajaran lain, termasuk kepala sekolah dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ISMUBA yang diselenggaakan memadukan antara Kurikulum Kemendikbud, Kementrian Agama, dan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan terdiri dari mata pelajaran Aqi da h, Akh lak, Ibad ah /Muamalah , Tarikh, Al-Qur’an, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Kecenderungan desain kurikulum ISMUBA pada model subject center design. Akan menjadi baik pengembangan pada masa yang akan datang, dikembangkan menjadi bentuk learner center design, dan problem based design. Demikian itu lebih mengintegrasikan pengetahuan peserta didik dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 09:19
Last Modified: 05 Dec 2022 09:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37832

Actions (login required)

View Item View Item