MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU POSITIF

Purnomo, Sidiq and Widodo, Hendro (2022) MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU POSITIF. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6 (2). ISSN e ISSN: 2685-9637, p ISSN: 0854-896X (Submitted)

[thumbnail of HASIL SIMILARITY] Text (HASIL SIMILARITY)
MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU POSITIF.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Salah satu tantangan permasalahan sosial yang ada di masyarakat adalah kenakalan remaja. Fenomena perilaku negatif atau kenalan remaja sebenarnya dapat diminimalisir dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak. Selama ini pendidikan karakter hanya disisipkan sebagai program tambahan di luar pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan. Sehingga pendidikan karakter belum mencapai yang diharapkan, terbukti masih banyak sikap dan tingkah laku para pelajar yang menunjukkan karakter yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter yang sampai pada teknis penerapannya. Metode yang digunakan diadaptasi dari langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Prosedur pengembangan yaitu pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, validasi ahli dan produk akhir. Teknik pengumpulan data wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan berkategori layak menurut para validator. Implikasi produk dapat digunakan oleh guru sebagai acuan atau pedoman untuk menanamkan nilai karakter pada siswa secara sistematis dan terstruktur.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: pendidikan karakter; model pengembangan; perilaku positif, character education; development model; positive behavior
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:41
Last Modified: 05 Dec 2022 08:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37835

Actions (login required)

View Item View Item