IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Tri Fauziah, Kongidatun and Hidayah, Nur (2020) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3 (1). pp. 22-32. ISSN e-ISSN: 2614-1620

[thumbnail of Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf] Text
Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf] Text
HASIL CEK_Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of peer review_Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf] Text
peer review_Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of peer review 2_Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf] Text
peer review 2_Fauziah Hidayah_mplementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar.pdf

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan di sekolah yang masih kurang
kepeduliannya terhadap lingkungan. SD Unggulan Aisyiyah Bantul merupakan salah satu
sekolah dasar yang sudah berupaya menanamkan nilai karakter peduli lingkungan melalui
program GeMeS (Gerakan Memungut Sampah). Penelitian ini bertujuan 1)
Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa. 2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi penanaman nilai
karakter peduli lingkungan pada siswa di SD Unggulan Aisyiyah Bantul Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru penanggung jawab program GeMeS, guru kelas dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi penanaman nilai karakter
peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Model
Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsan
data dilakukan dengan triangulasi sumber, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa di SD
Unggulan Aisyiyah Bantul sudah dapat berjalan dengan baikkarena sudah mampu menerapkan indikator yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan, tersedia tempat pembuangan sampah, tempat cuci tangan, kamar mandi, pembiasaan hemat energi,
melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik anorganik, menyediakan peralatan kebersihan, membuat tandon penyimpanan air, dan memogramkan cinta bersih
lingkungan. Sedangkan faktor penghambat terdapat pada biaya sedangkan faktor pendukung terdapat pada semangat semua warga sekolah dan fasilitas yang ada disekolah.
Kata kunci: Implementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Item Type: Artikel Umum
Additional Information: Implementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Nur Hidayah
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:19
Last Modified: 01 Mar 2023 01:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37854

Actions (login required)

View Item View Item