Kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid19 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Hidayah, Nur and Kurniawan, Muhammad Ragil (2022) Kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid19 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5 (1). pp. 1-11. ISSN e-ISSN: 2614-1620

[thumbnail of HASIL CEK_Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf] Text
HASIL CEK_Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Peer Review_Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf] Text
Peer Review_Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of Peer Review 2_Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf] Text
Peer Review 2_Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf] Text
Hidayah Kurniawan_Kesiapan sekolah.pdf

Download (267kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di Indonesia saat ini sedang mengalami suatu perubahan hal ini dikarenakan adanya virus covid-19. Virus ini sangat berdampak hampir ke semua sektor yang ada terutama dalam sektor dunia pendidikan. Pandemi covid-19 membawa perubahan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah
melainkan di rumah secara daring (online) melalui media elektronik. Pelaksanaan pembelajaran daring perlu adanya kesiapan sekolah dengan merencanakan, mengatur, mengarahkan proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui kesiapan sekolah terkait dengan
sarana prasarana, guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Sapen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Teknik analisis data menggunakan teknik intensif, Miles dan
Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa Sd Muhammadiyah Sapen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid�19 SD Muhammadiyah Sapen sudah sangat baik hal ini terlihat ketika sekolah memberikan penunjang untuk pembelajaran daring meliputi kesiapan sarpras, kesiapan gurudan kesiapan siswa. Sarpras sdh dipersiapkan bai dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru memiliki kompetensi ketika melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari persiapan maupun pelaksanaan pembelajaran, siswa juga dapat mengikuti dalam pembelajaran daring.

Item Type: Artikel Umum
Additional Information: Kesiapan sekolah Pembelajaran daring Pandemi covid-19 Kesiapan sarpras Kesiapan guru Kesiapan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Nur Hidayah
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:33
Last Modified: 01 Mar 2023 01:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37858

Actions (login required)

View Item View Item