PEER REVIEW_Studi hukum Hagen-Poiseuille dalam menentukan diameter terbaik pipa kapiler pada eksperimen penentuan viskositas zat

Okimustava, Okimustava and Khasanah, Elvi Nurridho (2020) PEER REVIEW_Studi hukum Hagen-Poiseuille dalam menentukan diameter terbaik pipa kapiler pada eksperimen penentuan viskositas zat. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, UAD.

[thumbnail of PEER REVIEW] Text (PEER REVIEW)
16.pdf

Download (1MB)

Abstract

Studi hukum hagen-poiseuille dalam menentukan diameter terbaik pipa kapiler pada eksperimen penentuan viskositas zat cair telah dilakukan dengan cairan berupa air, gliserin dan oli. Tujuan dari penelitian ini adalah menegtahui diameter pipa kapiler yang paling baik dalam proses penentuan nilai viscositas zat cair menggunakan hukum Hagen-Poisseuille. Eksperimen ini dirancang menggunakan hukum Hagen-Poiseuille pada beberapa diameter pipa kapiler yang berbeda, yaitu sebesar 1 mm, 2 mm, dan 3 mm. Proses pengambilan data menggunakan batuan interface Logger Pro dan sensor gaya serta analisis data menggunakan bantuan software Logger Pro. Jenis bahan yang digunakan yaitu air, gliserin dan oli SAE 10W-30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai viscositas zat cair yang terbaik dan sesuai dengan acuan yaitu pada diametet pipa 3mm dengan nilai viscositas masinng-masing adalah air 1.05± 0.13 mPa.s yang sesuai dengan acuan yaitu 1,002 mPa.S, Gliserin dengan nilai viscositas 589.79± 99.99 mPa.S yang sesuai dengan acuan yaitu 612 mPa.s dan oli SAE 10W-30 yaitu 73.18± 9.92 mPa.S yang sesuai dengan acuan yaitu 76,8 mPa.s. sedangkan pada diameter 1 mm dan 2 mm nilai viscositasnya tidak sesuai dengan acuan, hal ini disebabkan karen nilai viscositas zat cair tersebut terlalu besar sehingga sulit mengalir pada pipa dengan diameter kecil.

Item Type: Other
Keyword: Viskositas; hukum Hagen-Poiseuille; Logger Pro; Oli SAE 10W-30; Gliserin
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd.Si. Oki Mustafa
Date Deposited: 10 Dec 2022 03:34
Last Modified: 10 Dec 2022 04:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37892

Actions (login required)

View Item View Item