Peer Review_Resonansi Helmholtz: Pegas dalam Botol

Okimustava, Okimustava (2020) Peer Review_Resonansi Helmholtz: Pegas dalam Botol. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, UAD.

[thumbnail of Peer Review] Text (Peer Review)
17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai frekuensi akustik dari botol. Resonansi Helmholtz yang digunakan dalam penelitian ini adalah frekuensi Helmholtz pada botol kaca bekas sirup. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan sebuah botol yang memiliki leher untuk mengetahui nilai resonansi Helmholtz. Pengukuran resonansi Helmholtz menggunakan aplikasi dari android yaitu spectroid karena dapat mengukur besar frekuensi dan dB. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi penurunan frekuensi pada variasi volume ke 2,1224955 m3. Berdasarkan data yang diperoleh sesuai dengan prinsip Helmholtz. Semakin besar volume udara maka akan semakin kecil frekuensinya. Sedangkan nilai dB akan kecil jika volume makin kecil.

Item Type: Other
Keyword: Frekuensi akustik; Frekuensi helmholz; Resonansi Helmholtz
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd.Si. Oki Mustafa
Date Deposited: 10 Dec 2022 03:34
Last Modified: 10 Dec 2022 04:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37893

Actions (login required)

View Item View Item