hasil plagiasi ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE PROGRAM UMKM PILIHAN MGDALENAF DI MASA PANDEMI COVID-19

Hariyanti, Nunik (2022) hasil plagiasi ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE PROGRAM UMKM PILIHAN MGDALENAF DI MASA PANDEMI COVID-19. DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 6 (1). ISSN 2549-5119 (Unpublished)

[thumbnail of HASIL CEK_artikel 4 - analisis wacana kritis.pdf] Text
HASIL CEK_artikel 4 - analisis wacana kritis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana wacana bantu usaha kecil mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat pandemi Covid-19 pada tayangan food vlogger Mgdalenaf. UMKM menjadi sorotan karena menjadi sektor penting dalam perekonomian Indonesia yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Salah satu food vlogger Indonesia dengan pengikut hampir 4 juta di kanal YouTube. Sejak akhir tahun 2020, Mgdalenaf menayangkan program bantu UMKM di daerah Jabodetabek. Pada tahun 2021 ini Mgdalenaf dan tim berupaya untuk menjangkau lebih luas lagi UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19 di Jawa-Bali. UMKM sendiri adalah tonggak perekonomian Indonesia karena 60% PDB Indonesia berasal dari UMKM. Wacana bantu UMKM melalui tayangannya. peneliti bertujuan untuk mengungkap wacana kritis yang diangkat kreator tayangan food vlogger Mgdalenaf terkait isu bantu UMKM menggunakan analisis wacana kritis van Dijk melalui tiga komponen analisis yaitu teks, kognisi sosial dan analisis sosial. Hasil dari penelitian ini, teks menggambarkan pengalaman-pengalaman UMKM di tengah Pandemi Covid-19. Dalam konteks kognisi sosial, kreator memiliki peran untuk ikut bergerak membantu UMKM yang terdampak. Sedangkan analisis sosial yang diangkat merupakan dominasi wacana yang ada di masyarakat yaitu UMKM adalah representasi dari perekonomian kelas menengah bawah yang saat ini sulit untuk melakukan prosesn produksi, distribusi dan konsumsi. Selain itu, wacana yang muncul adalah membangkitkan kembali UMKM sebagai penggerak perekonomian masyarakat dan perempuan juga mampu berkontribusi dalam jalannya perekonomian.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: Nunik Hariyanti
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:39
Last Modified: 16 Dec 2022 02:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37995

Actions (login required)

View Item View Item