Instrumen Motivasi Belajar Matematika

Julan Hernadi (2020) Instrumen Motivasi Belajar Matematika. 000161481.

[thumbnail of Dokumen HKI Aransemen Motivasi Belajar.pdf] Text
Dokumen HKI Aransemen Motivasi Belajar.pdf

Download (218kB)

Abstract

Karya ini berupa cover lyrik lagu Tobat Maksiat (TOMAT) karya Band Wali. Kalimat-kalimat pada Lirik cover ini merupakan fakta-fakta yang berasal dari neuro-sciences, psikologi mindset, dan nilai spritual dalam Islam. Kalimat-kalimat ini digunakan sebagai motivasi belajar untuk siswa khususnya dalam belajar matematika.
Proses penciptaan lirik telah dimulai sejak April 2019 dan telah mengalami penyempurnaan beberapa kali. Uji coba pada kelas terbatas dilakukan lebih dari 20 kali pada kelas perkuliahan mahasiswa pendidikan matematika Unmuh Ponorogo, mahasiswa matematika FMIPA UAD, dan Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika UAD. Hasilnya sangat positif, kelas menjadi hidup dan mahasiswa lebih semangat dalam mengikuti perkuliahan.
Penggunaan lagu ini dalam pembelajaran matematika sekolah pada beberapa kelas SMP di Ponorogo mulai dilaksanakan sejak Juli 2019. Melalui kalimat-kalimat motivasi dan inspiratif yang ada pada setiap bait yang diperdengarkan terus-menerus, diharapkan lagu ini dapat membantu dalam menangkal persepsi negatif siswa terhadap matematika selama ini. Dengan demikian akan membantu guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Link video: https://youtu.be/tpS_5qmxPPU

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: Dr. Julan Hernadi
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38060

Actions (login required)

View Item View Item