HASIL CEK_2021_RENDAHNYA MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING

Astari, Rika (0101) HASIL CEK_2021_RENDAHNYA MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING. Taqdir, 7 (2). ISSN p-ISSN 2527-9807|e-ISSN 2621-1157

[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_2021_Astari_RENDAHNYA MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING.pdf - Published Version

Download (845kB)

Abstract

Sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, pemerintah mulai melakukan pembatasandi seluruh sektor, termasuk sektor Pengajaran. Dari tingkat taman kanak-kanak hinggaperguruan tinggi, seluruh pelajar melakukan pembelajaran secara daring di rumahmasing-masing. Pembelajaran daring tentu saja memiliki dampak yang sangatberpengaruh terhadap Pengajar maupun siswa dalam proses belajar mengajar apalagibagi siswa tingkat menengah yang masih membutuhkan pengawasan dalammelaksanakan belajar. Pengajaran secara daring sangat mempengaruhi motivasi siswadalam belajar, terutama pelajaran bahasa Arab yang tergolong masuk ke dalam matapelajaran sulit. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatifdeskriptif, objek penelitian ini merupakan psikologis siswa yaitu motivasi siswa, adapunsubjek penelitian ini merupakan siswa kelas menengah pertama berbasis Islami. Daridata yang di temukan bahwa siswa cenderung tidak memiliki motivasi dalammempelajari bahasa Arab karena tidak adanya teman untuk diskusi dan kurangnyadukungan lingkungan sekitar. Untuk menanggapi hal tersebut di perlukan metode yangkreatif dalam proses pembelajaran dan dibutuhkan dukungan dari orang tua untuk terusmengawasi dan memberikan dukungan positif untuk siswa.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: COVID-19, Pengajaran, bahasa Arab, Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: Dr. Rika Astari
Date Deposited: 24 Dec 2022 01:23
Last Modified: 24 Dec 2022 01:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38139

Actions (login required)

View Item View Item