Similarity Model matematika terapi kanker dengan viroterapi

Muhariyanto, Thariq and Adi, Yudi (2020) Similarity Model matematika terapi kanker dengan viroterapi. JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, 7 (1). ISSN 2087-8796

[thumbnail of HASIL CEK _Thariq.pdf] Text
HASIL CEK _Thariq.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model merupakan penyederhanaan fenomena-fenomena nyata dalam bentuk matematika. Salah satunya adalah model matematika pada terapi kanker dengan virus oncolytic atau yang disebut viroterapi. Viroterapi merupakan terapi kanker yang menggunakan virus sebagai terapinya. Virus yang digunakan yaitu virus onkolitik. Sistem persamaan dalam penelitian ini menggunakan sistem persamaan diferensial nonlinier dengan melibatkan tiga variabel yaitu sel tumor tidak terinfeksi x(t), sel tumor terinfeksi y(t), dan partikel virus bebas v(t). Kemudian dilakukan analisis model matematika yang meliputi titik ekuilibrium, kestabilan di sekitar titik ekuilibrium, dan simulasi numerik. Analisis kestabilan dilakukan untuk mempelajari kedinamikan suatu system dengan tujuan menyelidiki jenis kestabilan dari titik-titik ekuilibrium pada setiap variabel dalam model, sehingga dapat diketahui kapan mencapai titik keseimbangan (ekuilibrium). Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga titik ekuilibrium pada model matematika viroterapi yaitu E0(0; 0; 0), E1(K; 0; 0) dan E2. Dari model yang dibahas ukuran ledakan virus, selektivitas virus dari virus onkolitik dan ukuran tumor maksimum akan menentukan hasil dari viroterapi. Ini bermakna secara biologis. Semakin besar tumor, semakin banyak virus kuat diperlukan untuk melawannya.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: Dr. Yudi Ari Adi
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:56
Last Modified: 26 Dec 2022 02:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38160

Actions (login required)

View Item View Item