Maryani, Ika (2016) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN GURU DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC). Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 226-232. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Ika Maryani_Vrisca_PGSD UAD.pdf Download (1MB) |
Abstract
ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) merupa- kan sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN. MEA dirancang untuk mewujudkan wawasan ASEAN 2020. Dalam menghadapi per- saingan yang ketat di era MEA, diperlukan sumber daya yang unggul dan memiliki kemampuan bersaing. Pendidikan menjadi kunci utama untuk mempersiapkan SDM yang unggul, terampil, cerdas, dan kompetitif. Salah satu komponen utama pendidikan adalah guru/ tenaga pendidik yang bertugas mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi pe- serta didik. Guru profesional juga dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kom- petensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Oleh karena itu, guru profesional menjadi salah satu faktor yang penting dalam menyiapkan sumber daya yang mampu bersaing. Fakta di lapangan, masih banyak permasalahan tentang guru di Indonesia yang menjadi hambatan terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Maka dari itu, diperlukan identifikasi permasalahan-permasalahan guru di Indonesia yang kemu- dian menjadi dasar utama pengembangan kebijakan untuk meningkatkan kualitas guru.
Kata Kunci: Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), permasalahan guru.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 09:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 09:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3817 |
Actions (login required)
View Item |