Yuslanti, Ilmi and Mampouw, Helti Lygia (2016) DESKRIPSI PEMECAHAN MASALAH PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL OLEH SISWA SMP BERKEMAMPUAN MATEMATIKA SEDANG DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 256-260. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Ilmi Yuslanti_UKSW.pdf Download (388kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah persamaan linear dua variabel oleh siswa kelas VIII SMP. Subjek terdiri dari satusiswa kelas VIII SMPberkemampuan matematika sedang. Soal cerita dibuat berdasarkan taksonomi SOLO bergradasi pada level pras- truktural, unistruktural, multistruktural, relasional dan abstrak diperluas. Data dikumpul meng- gunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dapat menye- lesaikan soal sampai level unistruktural. Hasil ini diharapkan memberikan wawasan bagi guru dalam menyiapkan pembelajaran tentang sistem persamaan linear dua variabel dan bagi para pe- neliti, hasil ini membuka ruang untuk penelitian lanjutan berkenaan dengan kemampuan matema- tika siswa.
Kata kunci:sistem persamaan linear dua variabel,pemecahan masalah, taksonomi SOLO
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 01:29 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3822 |
Actions (login required)
View Item |