Pengaruh Surfaktan terhadap Pertumbuhan dan Histopatologi Hati Ikan Nila (Oreochromis niloticus) sebagai Materi Pembelajaran Siswa SMA Kelas X

Priyadi, Anna Atiqa and Widyaningrum, Trianik (2015) Pengaruh Surfaktan terhadap Pertumbuhan dan Histopatologi Hati Ikan Nila (Oreochromis niloticus) sebagai Materi Pembelajaran Siswa SMA Kelas X. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 12. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENGARUH SURFAKTAN.pdf] Text
12. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENGARUH SURFAKTAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Surfaktan Linier Alkylbenzene Sulfonate (LAS) merupakan bahan aktif yang biasa terkandung di dalam deterjen. Masuknya surfaktan ke dalam perairan mengakibatkan penurunan kualitas air yang selanjutnya dapat mempengaruhi produksi ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi surfaktan LAS terhadap pertumbuhan dan histopatologi hati ikan nila (Oreochromis niloticus), selain itu juga untuk mengetahui potensi proses dan hasil penelitian sebagai materi pembelajaran SMA kelas X pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan lima perlakuan, yaitu pemberian LAS dengan konsentrasi 0 ppm (kontrol), 0.5 ppm; 1 ppm; 1.5 ppm; dan 2 ppm. Setiap perlakuan dilakukan lima kali ulangan sehingga total ikan uji adalah 30 ekor. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan yang meliputi berat dan panjang ikan nila serta kerusakan organ hati setelah pemaparan LAS selama 30 hari.
Analisis regresi dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap pertumbuhan. Analisis varian (ANAVA) satu jalan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan kemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Histopatologi organ hati ikan nila dianalisis secara deskriptif kemudian dilanjutkan dengan semiquantitative scoring. Identifikasi potensi dengan analisis isi terhadap proses dan hasil penelitian sebagai materi pembelajaran berdasarkan prinsip relevansi, konsistensi, dan adekuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi LAS tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ikan nila dan tidak berpengaruh terhadap struktur mikroanatomi hati ikan nila. Potensi proses dan hasil penelitian sebagai materi pembelajaran SMA kelas X berupa pengetahuan meliputi fakta (data penelitian), konsep, prinsip, dan prosedur berupa metode ilmiah untuk mencapai KD 3.10, yaitu menganalisis data perubahan lingkungan serta dampak perubahan tersebut bagi kehidupan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QL Zoology
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: M.Si Trianik Widyaningrum
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:06
Last Modified: 29 Dec 2022 03:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38247

Actions (login required)

View Item View Item