Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Aktif & Motivasi Belajar Daring

Kusumo, Hendro and Widyaningrum, Trianik and Febrianti, Novi (2021) Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Aktif & Motivasi Belajar Daring. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 13. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHA.pdf] Text
13. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang menjadi tantangan untuk dikembangkan, khususnya dalam mengembangkan pembelajaran aktif & motivasi belajar siswa secara daring. Siswa masih bergantung pada guru sebagai sumber belajar utama. Di masa pandemi Covid-19. banyak guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan media daring. Siswa banyak yang asyik menggunakan gawai bukan untuk pembelajaran dan cenderung pasif saat guru menyampaikan materi pelajaran. Untuk itu kegiatan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme guru SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang dalam memotivasi siswanya melalui pelatihan Pembelajaran Aktif secara daring. Pembelajaran aktif adalah metode untuk meningkatkan ketrampilan memotivasi belajar. Pembelajaran aktif secara daring dilakukan dalam rangka memberikan solusi terhadap permasalahan yang telah dikemukakan, tekniknya melalui pelatihan daring, diskusi kelompok
melalui media sosial, dan penugasan mandiri. Hasil dari kegiatan berhasil dilaksanakan pelatihan secara daring pada Senin 12 Juli 2021 dengan media virtual zoom. Berbagai pengalaman saat pembelajaran daring dan penanganan siswa saling dibagikan dalam kegiatan pelatihan yang menarik ini. Peningkatan ketrampilan guru juga diwujudkan dalam bentuk pembuatan video pembelajaran & pengenalan lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, serta berita dalam dua media online. Program ini berhasil memfasilitasi para guru & meningkatkan profesionalismenya secara daring. Dampak dari kegiatan ini selanjutnya sekolah tertarik melanjutkan dengan program pelatihan IT.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: M.Si Trianik Widyaningrum
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:06
Last Modified: 29 Dec 2022 03:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38248

Actions (login required)

View Item View Item