Pengembangan profesionalisme guru SMP Muhammadiiyah 1 & 2 Kalibawang melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Hendro Kusumo, Eko Prasetyo Moro, and Prastowo, Indro and Widyaningrum, Trianik (2021) Pengembangan profesionalisme guru SMP Muhammadiiyah 1 & 2 Kalibawang melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 14. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SMP.pdf] Text
14. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengembangkan profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Kalibawang merupakan tantangan, khususnya dalam menulis artikel publikasi ilmiah. Dengan kondisi guru sekolah mitra yang terbatas dan situasi yang sempit guru dituntut tetap memiliki karya tulis ilmiah. Kebutuhan mempublikasikan artikel bukan hanya untuk kepentingan guru namun juga kemajuan sekolah. Kegiatan ini tujuannya ingin diupayakan agar ada suatu kemajuan dalam profesionalisme guru melalui kemampuan menulis karya ilmiah. Salah satu metode untuk meningkatkan ketrampilan menulis guru, dilakukan dengan cara pelatihan, pendampingan & klinik penulisan, serta partisipasi langsung guru - guru dalam publikasi tingkat nasional. Diharapkan agar guru mampu menerapkan penulisan sekaligus publikasi karya ilmiah secara lebih baik. Hasil dari kegiatan ini diperoleh empat artikel kolaborasi guru dari kedua sekolah mitra dan mahasiswa yang terlibat dalam program pengabdian masyarakat. Keempat kelompok tersebut terdiri dari sembilan guru yang terbagi dalam kelompok guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Problematika dan gagasan yang diangkat disetiap artikel kelompok cukup variatif. Kelompok Bahasa Inggris dan IPA lebih kepada membandingkan kondisi pembelajaran di kedua sekolah. Kelompok Bahasa Indonesia dan Matematika saling mengkolaborasikan masukan baik ide maupun situasi yang terjadi pada kedua sekolah. Dampak dari kegiatan ini adalah satu artikel berhasil dipresentasikan dalam simposium nasional di Yogyakarta.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: M.Si Trianik Widyaningrum
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:06
Last Modified: 29 Dec 2022 03:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38249

Actions (login required)

View Item View Item