PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UAD MELALUI MODEL BELAJAR PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Widyaningrum, Trianik (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UAD MELALUI MODEL BELAJAR PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 16. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENINGKATAN KEAKTIFAN.pdf] Text
16. HASIL CEK_ARTIKEL B Trianik_PBIO-PENINGKATAN KEAKTIFAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu program studi di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan adalah Program Studi Pendidikan Biologi. Berdasar hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi semester lima tahun ajaran 2013/2014 pada mata kuliah metodologi penelitian terlihat sudah cukup baik yaitu berkisar 54-83, akan
tetapi saat perkuliahan berlangsung banyak mahasiswa yang kurang aktif dalam mengikuti perkuliahan, banyak mahasiswa yang asyik dengan dirinya sendiri, ada juga yang mengantuk, dan kurang memahami materi perkuliahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi UAD khususnya pada mata kuliah metodologi penelitian melalui model belajar kelompok Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi UAD Klas B semester lima yang berjumlah 43 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pihak yang melakukan tindakan adalah dosen pengampu sendiri sedangkan yang diminta melakukan pengamatan adalah mahasiswa dengan tahapan dalam penelitian yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Pengamatan (observe), Refleksi (reflect). Dalam Penelitian ini digunakan dua lembar observasi, yaitu lembar observasi keaktifan mahasiswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan model belajar kelompok Problem Based Learning. Analisis data menggunakan analisis
Deskriptif. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa Kelas B pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tahun Ajaran 2014/2015. Pada akhir siklus II jumlah mahasiswa yang mencapai nilai di atas standar ketuntasan belajar minimal atau memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari 70 adalah 37 siswa atau 86 %.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: M.Si Trianik Widyaningrum
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:07
Last Modified: 29 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38252

Actions (login required)

View Item View Item