Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran untuk Menurunkan Kecemasan Siswa terhadap Matematika

Arisma, Widiarti and Hernadi, Julan (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran untuk Menurunkan Kecemasan Siswa terhadap Matematika. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Imajiner jurnal metode pembelajaran matematika bermain peran.pdf] Text
Imajiner jurnal metode pembelajaran matematika bermain peran.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran
bermain peran yang dapat menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika pada materi
aritmatika sosial (2) Mengetahui penurunan kecemasan siswa terhadap matematika setelah
diterapkan metode pembelajaran bermain peran pada materi Aritmatika sosial kelas VII G SMP N 1
Kecamatan Bungkal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus,
tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP N 1
Kecamatan Bungkal yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan
data meliputi angket kecemasan matematika siswa, wawancara dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang
diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penerapan metode pembelajaran bermain peran
dapat menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika. Penerapan metode pembelajaran yang
berbasis simulasi ini dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak
membosankan. Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran guru mencapai kriteria sangat baik
yaitu 96,66% dan persentase rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran siswa telah mencapai
kriteria baik, yaitu 88,20%. Dari hasil analisis angket presentase tingkat kecemasan matematika
mengalami penurunan menuju kecemasan rendah pada tiap siklusnya. Pada siklus II kecemasan
matematika tingkat rendah mencapai 73,07, kecemasan matematika tingkat sedang 19,23%, dan
kecemasan matematika tingkat tinggi 7,69%.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: Dr. Julan Hernadi
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:36
Last Modified: 04 Jan 2023 02:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38400

Actions (login required)

View Item View Item