PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DAARUL KHOIR

Wardana, Budi Aditya and Widodo, Hendro (2022) PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DAARUL KHOIR. Ta'dibuna, 11 (4). ISSN P-ISSN : 2252-5793 E-ISSN : 2622-7215

[thumbnail of PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DAARUL KHOIR.pdf] Text
PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DAARUL KHOIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kurikulum pembelajaran kitab kuning yang
dilakukan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Daarul Khoir Gunungkidul. Adapun jenis
pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan pendekatannya dengan
menggunakan pendekatan kasus yang membutuhkan pengumpulan data. Adapun prosedur
dalam mengumpulkan data adalah melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan model analisis data perbandingan tetap (constant
comparative method). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah meskipun Pondok Pesantren
Modern Muhammadiyah Daarul Khoir masuk kategori sebagai pondok modern, namun
kurikulum pembelajaran kitab kuningnya seperti pesantren salaf. Kurikulum pembelajaran kitab
kuning diawali dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode membaca kitab dengan
model bandongan dan sorogan. Sedangkan metode pembelajarannya dengan ceramah,
demonstrasi dan kerja kelompok. Untuk model pembelajarannya menggunakan pembelajaran
langsung dan tidak langsung.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:28
Last Modified: 04 Jan 2023 07:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38423

Actions (login required)

View Item View Item