Pengembangan Video Pembelajaran Online tentang Efek Fotolistrik Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Kuliah Fisika Modern untuk S-1 Pendidikan Fisika

Oktova, Raden and Jati, Panji (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Online tentang Efek Fotolistrik Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Kuliah Fisika Modern untuk S-1 Pendidikan Fisika. [Artikel Dosen] (In Press)

[thumbnail of BFI Efek fotolistrik Oktova dkk (accepted BFI).pdf] Text
BFI Efek fotolistrik Oktova dkk (accepted BFI).pdf

Download (1MB)

Abstract

Fisika Modern merupakan salah satu mata kuliah penting dan menarik pada program studi S-1 Pendidikan Fisika. Mata kuliah ini membahas konsep-konsep yang tidak mampu dijelaskan oleh fisika klasik. Namun demikian dosen fisika menghadapi sebuah kenyataan bahwa proses pembelajaran belum optimal, karena mahasiswa kesulitan untuk memahami materi yang abstrak. Akibatnya mahasiswa kurang memahami konsep pada mata kuliah Fisika Modern, termasuk efek fotolistrik. Oleh karena itu, media pembelajaran diperlukan sebagai alat bantu pembelajaran, dan salah satu jenis media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah video yang dikembangkan menggunakan Sparkol Videoscribe. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran online tentang efek fotolistrik dengan Sparkol Videoscribe yang layak digunakan untuk menunjang pembelajaran, dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan video dilakukan validasi melalui angket oleh ahli materi dan ahli media. Tingkat kelayakan rata-rata yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 83,33% dan 91,11%, dengan kategori sangat layak. Setelah uji kelayakan media, video pembelajaran yang dikembangkan diunggah ke situs YouTube untuk memudahkan penggunaannya dalam pembelajaran dan dilakukan uji kepuasan pengguna dengan 24 orang mahasiswa sebagai sampel pengguna. Dari uji kepuasan pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 89,77%, dengan kategori sangat memuaskan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr. Raden Oktova
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:01
Last Modified: 11 Jan 2023 01:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38595

Actions (login required)

View Item View Item