ROBOHNYA LEMBAGA PENDIDIKAN SURAU

Yusutria, Yusutria and Rina, Febriana (2018) ROBOHNYA LEMBAGA PENDIDIKAN SURAU. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 8. HASIL CEK_ROBOHNYA LEMBAGA PENDIDIKAN.pdf] Text
8. HASIL CEK_ROBOHNYA LEMBAGA PENDIDIKAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Surau sebagai lembaga pendidikan yang pernah terlaksana di Sumatera Barat, merupakan lembaga pendidikan merupakan sarana yang strategis bagi proses terjadinya transformasi nilai dan budaya pada komunitas sosial serta mengalami akulturasi dengan budaya lokal (adat). Namun dalam perjalanannya peranan Surau yang manjalankan fungsi adat dan fungsi agama, telah mengalami pergeseran sehingga kehilangan momentumnya pada saat sekarang ini. Metode penelitian yang dipakai metode historis melalui telaah pustaka, baik dalam bentuk buku maupun produk kebijakan berupa regulasi tentang pendidikan Islam sepanjang sejarah. Penyebab roboh lembaga pendidikan Surau disebabkan 2 macam baik internal diantaranya: 1). Hilangnya suritauladan karena pendiri telah meninggal dunia. 2). Pengaruh sistem pendidikan modern dari pemerintah kolonial Belanda. 3). Permen Kemenag dan Kemdik tahun 1970. 4). Semangat nasionalisme dan patriotisme dari umat Islam sebagai akibat kolonialisasi Belanda. 5). Ketidakpuasan terhadap institusi (tradisional). 6). Mengkombinasikan pendidikan umum ke dalam lembaga yang baru. 7). Adanya pengalihan tanggung jawab terhadap anak-anak dari mamak kepada ayah ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap kehidupan Surau. Secara eksternal yaitu; 1). Pengaruh pemikiran modern dalam Islam oleh kaum mudo. 2). Adanya kekuatan organisasi untuk merubah sistem pendidikan yang ada. 3). Besarnya pengaruh sistem pendidikan Barat yang terkoordinasi dan sistematis yang berorientasi kerja.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: Dr. Yusutria Yusutria
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:14
Last Modified: 14 Jan 2023 08:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38754

Actions (login required)

View Item View Item