Program Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SDN 1 Banaran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Maula Aditiya, Riki (2023) Program Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SDN 1 Banaran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN KKN REGULER 100_KAMPUS MENGAJAR 4_1.A.3_RIKI MAULA ADITIYA.pdf] Text
LAPORAN KKN REGULER 100_KAMPUS MENGAJAR 4_1.A.3_RIKI MAULA ADITIYA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka
Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tujuan diadakannya Kampus Mengajar adalah
pertama, Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan
mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kedua, membantu
sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal terhadap semua
peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi.
Ketiga, memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua peserta didik pada
jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi. Salah satu SD sasaran
dari program ini yaitu SD Negeri 1 Banaran, Kecamatan Gemawang, Kabupaten
Temanggung. Pada program ini, mahasiswa melibatkan tanggung jawab dalam
membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan
membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa juga memiliki tanggung jawab dalam
memperbaiki karakter siswa yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Hasil
program ini yakni sebagai upaya mengasah kepemimpinan, kematangan emosional,
dan kepekaan sosial mahasiswa. Hasil dari program ini yaitu sebagai penanaman
empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan
masyarakat yang ada di sekitarnya, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja
bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah
yang dihadapi, mengembangkan wawasan, karakter dan softskill mahasiswa,
mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi
masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan khususnya dalam bidang
pendidikan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan
mahasiswa dalam pembangunan nasional.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Sekolah Dasar, 3T

Item Type: Laporan KKN
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-Indonesian Letters (S1-Sastra Indonesia)
Depositing User: Riki Maula Aditiya
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:57
Last Modified: 14 Jan 2023 08:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38784

Actions (login required)

View Item View Item