Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar Siswa SMP Muhammadiyah 2 Godean

Hendroanto, Aan (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar Siswa SMP Muhammadiyah 2 Godean. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12 (1). ISSN ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

[thumbnail of PCX - Report - Aksioma.pdf] Text
PCX - Report - Aksioma.pdf

Download (326kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam pendidikan matematika, dikarenakan kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dalam pendidikan matematika. Salah satu faktor yang mempengarui pemecahan masalah adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemetaan gaya belajar kelas VIIIA serta untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Godean ditinjau dari gaya belajar.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 27 siswa selanjutnya diambil 6 orang siswa kelas VIIIA yang masing-masing type gaya belajar diwakili oleh 2 orang siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 27 siswa terdapat 16 (59%) siswa bergaya belajar visual, 4 (15%) siswa gaya belajar auditorial, 5 (19%) siswa gaya belajar kinestetik, dan 2 (7%) diantaranya campuran. Kemampuan penyelesaian masalah pada siswa visual mampu melaksanakan hingga tahap ketiga polya (pemahaman masalah, penyusunan rencana, dan melaksanakan rencana), siswa auditorial mampu melaksanakan tahap hingga tahap ketiga (pemahaman masalah, penyusunan rencana, dan melaksanakan rencana), namun subjek A2 tidak melaksanakan tahap 2 yaitu penyusunan rencana, siswa kinestetik melaksanakan hingga ke tahap 3 (pemahaman masalah, penyusunan rencana, dan melaksanakan rencana). Ketiga subjek sama-sama tidak melaksanakan tahap 4 yaitu memeriksa kembali.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Aan Hendroanto
Date Deposited: 21 Jan 2023 04:30
Last Modified: 21 Jan 2023 04:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39025

Actions (login required)

View Item View Item