Hasil cek plagiarism artikel pythgoras 2019 : Pengembangan alat pembelajaran GeoKlik untuk pembelajaran geometri

Hendroanto, Aan (2019) Hasil cek plagiarism artikel pythgoras 2019 : Pengembangan alat pembelajaran GeoKlik untuk pembelajaran geometri. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1). (Unpublished)

[thumbnail of PCX - Report - Pythagoras.pdf] Text
PCX - Report - Pythagoras.pdf

Download (348kB)

Abstract

Objek matematika sebagian besar bersifat abstrak dan sulit untuk dibayangkan sehingga banyak siswa yang kesulitan untuk memahaminya. Salah satu solusi untuk membantu siswa dalam hal iniyaitu dengan menggunakan alat-alat Euclid seperti penggaris, jangka, dan busur untuk menggambar objek geometri di papan tulis atau whiteboard. Namun, penggunaan alat-alat Euclid untuk menggambar terkadang tidak maksimal dikarenakan kurang efisien dan merepotkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat yang dinamakan GeoKlikuntuk mendukung kegiatan pembelajaran geometri. GeoKlikmerupakan penggabungan alat-alat menggambar geometri Euclid yang didesain agar penggunaannya lebih fleksibel dan mudah sehingga guru maupun siswa dapat menggunakannya dalam proses belajar mengajar tanpa kesulitan. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, development, dan dissemination. Penelitian pengembangan ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Namun demikian, analisis data tetap melibatkan data kuantitatif dan perhitungan statistika sederhana. Berdasar-kan hasil validasi ahli media, alat GeoKlikmendapat penilaian sangat baik dari ahli media dengan nilai rata-rata 4,79. Dari segi aspek desain, GeoKlikmendapat nilai rata-rata sebesar 4,78 dengan kategori sangat baik. Aspek keefektifan GeoKlikjuga memperoleh skor sangat baik dengan nilai rata-rata 4,81. Sedangkan untuk aspek kepraktisan, GeoKlikmendapat nilai rata-rata 4,75 dengan kategori sangat baik. Respon yang diberikan guru dan siswa terhadap alat GeoKlikini juga sangat positif dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 4,79 untuk respon guru, sedangkan nilai respon rata-rata siswa yaitu sebesar 4,51.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Aan Hendroanto
Date Deposited: 21 Jan 2023 04:40
Last Modified: 21 Jan 2023 04:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39033

Actions (login required)

View Item View Item