Pengelolaan Bank Sampah Melalui Rumah Pilah Alam Lestari Di Dusun Ceme Kabupaten Bantul Yogyakarta

Andani, Betty Epy and Sukesi, Tri Wahyuni (2022) Pengelolaan Bank Sampah Melalui Rumah Pilah Alam Lestari Di Dusun Ceme Kabupaten Bantul Yogyakarta. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Sukesi_Pengelolaan, Bank sampah, Pemberdayaan, Masyarakat (1).pdf] Text
HASIL CEK_Sukesi_Pengelolaan, Bank sampah, Pemberdayaan, Masyarakat (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Sampah merupakan masalah lingkungan yang masih terjadi di DIY. Kabupaten Bantul pada tahun 2020 menyumbang sampah sebanyak 526.08 ton/bari, sedangkan daya tampung TPS Piyungan hanya dapat menampung sekitar 500 ton/hari. Usaha yang diterapkan pemerintah daerah salah satunya dengan menerapkan peraturan pengelolaan sampah pada bank sampah. Bank sampah menjadi salah satu poin yang penting dalam upaya mengurangi permasalahan sampah di DIY. Proses bisnis yang dilakukan bank sampah diarahkan dalam upaya mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mengkaji pengelolaan bank sampah melalui Rumah Pilah Alam Lestari di Dusun Ceme.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunak1n yaitu panduan observasi serta wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian adalah pengurus dan nasabah bank sampah. Teknik pengambilan data digunakan metodee observasi dan wawancara. Hasil: Bank Sampah Alam Lestari melibatkan masyarakat sekitar dalam melakukan praktik pengelolan sampah. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemilahan sampah, penyetoran sampah, pembuatan pupuk kompos, pembuatan ecoenzim dan pembuatan kerajinan dari sampah. Proses pelibatan masyarakat dalam mengelola sampah dilakukan melalui sosialisasi dan pelatihan dari pengurus bank sampah kepada masyarakat. Selain itu pengelola bank sampah melakukan koordinasi dan kerja sama dengan dinas lingkungan hidup agar proses pelibatan masyarakat dalam mengelola sampah dapat lebih optimal khususnya dalam menghadapi berbagai kendala yang muncul. Adanya bank sampah ini juga memberikan dampak yang baik dari sisi kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan dan kemitraan. Simpulan: Kegiatan Bank Sampah difokuskan pada pengelolaan sampah dengan melibatkan masyarakat. Kendala operasional yang dialami Bank Sampah Alam Lestari berasal dari internal dan eksternal. Dampak positif dari kegiatan bank sampah adalah dampak kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan dan mitra/stakeholder. Dampak negatif dari kegiatan bank sampah yaitu sarana prasarana yang minim dan adanya timbunan sampah di bank sampah.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: Dr. Tri Wahyuni sukesi
Date Deposited: 23 Jan 2023 04:47
Last Modified: 23 Jan 2023 04:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39081

Actions (login required)

View Item View Item