Uji Efektifitas Ekstrak Daun Sirih (Piper betle L) Sebagai Larvasida Larva Lalat Rumah (Musca domestica)

Anisah, Anisah and Sukesi, Tri Wahyuni (2018) Uji Efektifitas Ekstrak Daun Sirih (Piper betle L) Sebagai Larvasida Larva Lalat Rumah (Musca domestica). [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Uji Efektifitas Ekstrak Daun.pdf] Text
HASIL CEK_Uji Efektifitas Ekstrak Daun.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lalat rumah (Musca domestica) sering terlihat di lingkungan rumah. Upaya yang dilakukan untuk pengendalian lalat rumah yaitu dengan penggunaan insektisida yang ramah lingkungan seperti insektisida nabati. Daun sirih mengandung tanin, terpenoid, flavonoid dan minyak atsiri. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas ekstrak daun sirih (Piper betle L) sebagai larvasida larva lalat rumah (M. domestica ). Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan jenis desain pretest posttest control group. Objek penelitian ini menggunakan 20 ekor larva lalat instar III yang diberi perlakuan dengan metode feeding assay. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis analitik dengan menggunakan uji Kruskal Walls, serta analisis probit. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil uji normalitas dengan nilai p value 0,002<0,05, pada uji Levene statistik nilai p value 0,028<0,05, uji KruskalWalls nilai p value 0,014<0,05, dan uji Mann Whitney <0,05 pada kontrol negatif semua konsentrasi perlakuan, LC50 terletak pada konsentrasi 0,04827% dan LT50 pada 7,661 jam. Terdapat perbedaan antara kontrol negatif dengan semua konsentrasi perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa konsentrasi pada ekstrak daun sirih (P. betle L.) dapat digunakan sebagai insektisida nabati.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: Dr. Tri Wahyuni sukesi
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:15
Last Modified: 26 Jan 2023 06:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39188

Actions (login required)

View Item View Item