A Shift in the Conceptual Understanding of Physics Student Through the Wrigth Map

Sukarelawan, Moh.Irma and Puspitasari, Ariati Dina and Sulisworo, Dwi and Kuswanto, Heru and Jumadi, Jumadi (2022) A Shift in the Conceptual Understanding of Physics Student Through the Wrigth Map. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Puspitasari_ Misconception, rasch model, temperature concept, two-tier diagnostic test, wrigh map.pdf] Text
HASIL CEK_Puspitasari_ Misconception, rasch model, temperature concept, two-tier diagnostic test, wrigh map.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ada keterbatasan literatur yang melaporkan penggunaan model Rasch dalam menganalisis pemahaman konseptual suhu
siswa di Indonesia. Terdapat 58% mahasiswa S1 Pendidikan Fisika mengalami miskonsepsi pada topik suhu. Oleh karena
itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual siswa dengan menggunakan instrumen diagnostik
dua tingkat. Pemahaman konseptual siswa diberikan melalui metode survei menggunakan instrumen diagnostik miskonsepsi
dua tingkat. Survei dilakukan pada 26 siswa (31% laki-laki dan 69% perempuan) usia berkisar antara 16 tahun sampai 19
tahun di sekolah menengah umum. Pemahaman konseptual siswa tentang materi suhu diberikan menggunakan enam item
diagnostik dan dianalisis menggunakan peta Wright. Pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan Google form yang didistribusikan melalui grup WhatsApp kelas. Analisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu, pengkodean
jawaban siswa, dan analisis pemahaman konseptual siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya pergeseran tingkat pemahaman konsep 50% siswa. Jadi, peta Wright memberikan visualisasi pergeseran tingkat pemahaman konseptual siswa tentang topik suhu.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Misconception, Rasch Model, Temperature concept, Two-Tier Diagnostic Test, Wrigh Map
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd Puspitasari Ariati Dina
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:12
Last Modified: 27 Jan 2023 02:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39218

Actions (login required)

View Item View Item