Model pembelajaran predict observe explain dalam edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika di SMP: Analisis stacking

Puspitasari, Ariati Dina and Sukarelawan, Moh. Irma and Damayanti, Evda Noptha and Syifa, Annisa and Fitri, Fajar (2022) Model pembelajaran predict observe explain dalam edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika di SMP: Analisis stacking. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Puspitasari_ POE, edmodo, pemahaman konsep, racking and stacking.pdf] Text
HASIL CEK_Puspitasari_ POE, edmodo, pemahaman konsep, racking and stacking.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa melalui penerapan pembelajaran Predict Observe Explain dalam Edmodo. Peneltian ini termasuk
dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest�posttest. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa yang berasal
dari kelas VII di salah satu sekolah menengah pertama swasta di Yogyakarta. Pemahaman konsep dievaluasi menggunakan 10 soal tes pilihan ganda pada materi Energi. Peningkatan
pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan teknik Stacking dan divisualisasikan menggunakan Wright map. Analisis Stacking dan Wright map dilakukan dengan
menggunakan perangkat lunak Winsteps 4.6.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata pemahaman konseptual secara klasikal sebesar 0,76 logit. Sebanyak
73% siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep pada materi Energi. Peningkatan pemahaman tertinggi sebesar 2,07 logit. Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi model Predict Observe Explain dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi Energi.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: POE, Edmodo, Pemahaman Konsep, Racking and Stacking
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd Puspitasari Ariati Dina
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:13
Last Modified: 27 Jan 2023 02:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39221

Actions (login required)

View Item View Item