Puspitasari, Ariati Dina Puspitasari (2018) Efektifitas Guided Inquiry Learning Model Group Investigation dan Klasikal untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK_Puspitasari_ Guided inquiry, arduino, berfikir kritis.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan keterampilan berpikir kritis untuk kelas kelompok dan klasikal; 2) perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kritis antara
kelas kelompok dan kelas klasikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen, dengan model pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan 120 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Kota Yogyakarta, sampel penelitian menggunakan 2 kelas yang ditentukan menggunakan teknik proportionate. Stratified Random Sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis guided inquiry model kelompok dan satu kelas lainnya
sebagai kelas kontrol yaitu kelas dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis guided inquiry model klasikal. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang berupa tes keterampilan berfikir kritis. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan N-Gain dan secara statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas A dan Kelas B. Pada kelas VII A aspek memberikan penjelasan maupun membangun keterampilan dasar berada pada kategori sedang (0,58 dan 0,52). Sedangkan kelas VII B, pada aspek memberikan penjelasan berada pada kategori sedang (0,64) dan pada aspek membangun keterampilan dasar berada pada kategori tinggi (0,90).
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Keyword: | Guided inquiry, Arduino, Berfikir Kritis |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | M.Pd Puspitasari Ariati Dina |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:17 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39222 |
Actions (login required)
View Item |