Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Bagi Guru Sekolah Dasar

Martaningsih, Sri Tutur and Maryani, Ika (2020) Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Bagi Guru Sekolah Dasar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 3.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendampingan Guru tentang sistem evaluasi pembelajaran berbasis higher order thinking skill merupakan bagian penting dari pengembangan kurikulum 2013 versi terbaru. Sesuai dengan strategi implementasi dari Kurikulum 2013, pelatihan ini direncanakan akan dilaksanakan pada awal tahun 2017 sampai saat ini. Strategi dimulai dengan melatih master of trainer (MOT) yang termasuk instruktur nasional, Dosen LPTK, Guru berprestasi tingkat Nasional, Pengawas, Kepala Sekolah berprestasi, Widyaiswara PPPPTK dan LPMP. Langkah berikutnya adalah melatih master trainer dari guru inti, pengawas, dan kepala sekolah baru kemudian dilanjutkan dengan pelatihan secara masal yang melibatkan guru mata pelajaran tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Tahapan dari strategi kemendikbud ini tentu saja banyak hambatan. Sharing knowledge yang relatif lama dan kemungkinan-kemungkinan ketidakmerataan mungkin saja terjadi. Hal inilah yang mendorong Pengusul sebagai Dosen LPTK khususnya yang bergerak di bidang Pendidikan Dasar untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pendampingan guru dalam menyusun soal berbasis higher order thinking skill. Upaya yang dilakukan adalah melalui pelatihan sistem evaluasi pembelajaran dn penyusunan soal berbasis higher order thinking skill. Program pendampingan ini sekaligus menjawab permasalahan yang terjadi pada mitra, dimana pemahaman para guru tentang sistem evaluasi pembelajaran berbasis higher order thinking skill masih sangat kurang. Guru belum mampu merencanakan soal berbasis HOTS serta melakukan analisis butir soal. Luaran yang diharapkan setelah program ini dilaksanakan adalah agar para guru mempunyai kemampuan teknis menyusun soal HOTS.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:26
Last Modified: 27 Jan 2023 03:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39241

Actions (login required)

View Item View Item