Penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitandi SDNegeri Gamol Sleman

Martaningsih, Sri Tutur (2021) Penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitandi SDNegeri Gamol Sleman. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 4.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu krisis karakter di kalangan para pelajar di antaranya karakter cinta tanah air. Penanaman karakter cinta tanah air di sekolah dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan diharapkan siswa mampu mencintai adat dan budaya, toleransi antar sesama, dan mencintai produk lokal, serta mampumelestarikan adat dan budaya peninggalan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD Negeri Gamol Sleman, faktor penghambat dan pendukungnya.Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dilengkapi dengan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD Negeri Gamol Sleman melibatkan peran dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru kegiatan ekstrakurikuler karawitan, dan siswa. Pelaksanaan ekstra kurikuler mencakup komponen kurikulum, pendekatan materi, metode, evaluasi, serta sarana dan prasarana yang digunakan; 2) Strategi penanaman karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD Negeri Gamol Sleman dilakukan melalui tiga tahapan yaitu (Moral Knowing), (Moral Loving), (Moral doing); 3) Faktor penghambat tidak terlalu dihiraukan dan tidak menghambat kegiatan. Faktor pendukung dari segi alat karawitan yang lengkap dan dukungan dari warga sekolah atau lingkungan sekolah 4) Karakter cinta tanah air yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan SD Negeri Gamol Sleman meliputi adat dan budaya, toleransi terhadap sesama, dan mencintai produk lokal.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:26
Last Modified: 27 Jan 2023 03:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39242

Actions (login required)

View Item View Item