Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak slow learner di SD Muhammadiyah Dadapan

Martaningsih, Sri Tutur (2022) Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak slow learner di SD Muhammadiyah Dadapan. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 6.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 6.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Inklusi dapat memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus seperti anak yang memiliki kesulitan belajar slow learner untuk dapat memperoleh pendidikan yang samadi sekolah reguler dan dengan adanya sekolah inklusi dapat menciptakan persatuan tanpa membeda-bedakan fisik maupun potensi akademik anak.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak slow learner di SD Muhammadiyah Dadapan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk melakukan penelitian ini yaitupenelitian kualitatif dengan pendekatan Ethnography. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 3B dan 5B, anak slow learner kelas 3B dan 5B. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi sertadokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sertakesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: terdapat empat peranyang dilaksanakanguru kelas untuk pelaksanaan proses belajar mengajar yaitu peran guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator serta evaluator, keempat peran tersebut sangat berkaitan untuk memperoleh pembelajaran yang optimal. Kesulitan yang dialami guru dalam proses pembelajaran yaitu seringnya anak slow learner ketinggalan dalam menerima materi dan sulit membedakan mata pelajaran, konsentrasi anak rendah, kesulitan berkomunikasi, kesulitan dalam mengerjakan soalatau lamban dalam pengumpulan tugas.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:26
Last Modified: 27 Jan 2023 03:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39244

Actions (login required)

View Item View Item