Peran Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar

Martaningsih, Sri Tutur (2021) Peran Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 7.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 7.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengamati penerapan
pembelajaran daring terhadap perkembangan kecerdasan emosional peserta
didik pada SekoIah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk melihat tingkat kecerdasan emosional pada peserta didik.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hambatan pada peningkatan
kecerdasan emosional anak selama penerapan pembelajaran daring. Dampak
dari pembelajaran daring memicu kurangnya interaksi dengan lingkungan,
munculnya rasa bosan menuntut ilmu, tekanan dari orang tua dalam
membimbing anaknya, tugas yang banyak, dan juga suasana pembelajaran
yang membosankan merupakan unsur penyebab kecerdasan emosional anak menurun. Pada intinya perubahan ini terjadi akibat kurang siapnya pendidikan dengan orang tua dalam menghadapi situasi pendidikan
yang berbeda. Selain itu pokok pencapaian hasil pembelajaran hanya pada
ranah kognitif, sehingga penanaman karakter dan kecerdasan emosional hanya didapatkan dari rumah saja tanpa adanya sosialisasi dan dukungan untuk penanaman karakter dan kecerdasan emosional pada peserta didik

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:02
Last Modified: 27 Jan 2023 04:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item View Item