Penanaman Sikap Karakter Jujur di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan 1

Martaningsih, Sri Tutur (2021) Penanaman Sikap Karakter Jujur di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan 1. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 9.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 9.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eksperimen ini mempunyai tujuan untuk mengenal penanaman sikap karakter jujur pada siswa di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 yang merupakan pelaksanaan penanaman karakter dan factor penghambat dalam karakter jujur di sekolah Muhammadiyah Purwodiningratan 1. Penelitian menggunakan kualitatif, Yang diteliti dari penelitian ini peserta didik. Data dikumpulkan oleh peneliti dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penguraian hasil dilakukan menggunakan penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasilnya menyimpulkan jika penanaman karakter jujur pada Peserta didik Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan 1 pada aktivitas pembelajaran, pengondisian, aktivitas spontan, dan kegiatan perbuatan teladan. Sikap jujur ditumbuhkan saat pembelajaran berlangsung, himbuan nyontek di waktu ulangan harian, pemberitahuan saat meniru atau menyontoh PR punya teman. Factor yang dapat menghambat dalam penanaman karkter jujur adalah siswa yang masih belum bisa berkata jujur, sehingga mereka masih malu mengucapkan bahwa mereka tidak paham materi yang didapatkannya, ditemukan beberapa siswa tugas diselesaikan oleh ayah atau ibunya.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:04
Last Modified: 27 Jan 2023 04:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39247

Actions (login required)

View Item View Item