DAMPAK POSITIF DISCOVERY LEARNING MODELS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG SISWA

Martaningsih, Sri Tutur (2021) DAMPAK POSITIF DISCOVERY LEARNING MODELS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG SISWA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 12.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 12.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berhitung siswa sekolah dasar memerlukan tahapan pembelajaran mengikuti perkembangan siswa. Ketidaktahuan rumus dengan penguasaan materi hitung menjadi kendala terutama dalam kondisi pandemi Covid-19. Model discovery learning dapat diterapkan pada kondisi pembelajaran online. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui model discovery learning (MDL). Kami menerapkan penelitian tindakan kelas(PTK)dengan subjek penelitian siswa kelas IV. MLD dengan keterampilan berhitung dibahas dalam penelitian ini. Penerapan penelitian ini adalah dua siklus. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan tes dalam lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan MLD dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa sekolah dasar. Perkembangan siklus I nilai pelaksanaan MDL sebesar 87% dengan nilai rata-rata kemampuan berhitung siswa sebesar 94 dan perolehan hasil siklus II nilai pelaksanaan MLD sebesar 95 % dengan rata-rata kemampuan berhitung siswa sebesar 97. Peningkatan kemampuan berhitung dengan penerapan MLD dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar. Peran guru BK dengan guru SD bekerjasama mengembangkan kemampuan berhitung siswa diera digital

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:09
Last Modified: 27 Jan 2023 04:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39250

Actions (login required)

View Item View Item