PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TLOGODEPOK

Martaningsih, Sri Tutur (2021) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TLOGODEPOK. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 13.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 13.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif memiliki peran penting bagi perkembangan bidang pendidikan. Hal ini dikarekan kemampuan berpikir kreatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar siswa. Siswa tidak hanya sekedar menerima informasi, akan tetapi siswa aktif berpikir dalam mengembangkan idenya untuk menyelesaikan permaslaahan yang diberikan. Kemampuan berpikir kreatif diharapkan dapat memunculkan ide yang beragam dan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik dengan menerapan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tlogodepok yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning, dengan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV. Hal ini dapat diketahui dari penelitian yang menunjukkan bahwa persentase siswa pada pra siklus tercapai 34,78%, siklus I mencapai 52,17%, siklus II mencapai 73,91%, dan siklus III mencapai 86,96%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:11
Last Modified: 27 Jan 2023 04:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39251

Actions (login required)

View Item View Item