Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Metode Mind Mapping di Kelas V SDN Tridadi

Martaningsih, Sri Tutur (2021) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Metode Mind Mapping di Kelas V SDN Tridadi. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 14.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 14.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti menetapkan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kreatif melalui metode mind mapping di kelas V
SDN Tridadi. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
dari penelitian yaitu siswa kelas V di SDN Tridadi dengan jumlah siswa
sebanyak 26. Penelitian dilaksanakan Januari hingga April 2021. Ada tiga
siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan
berdasarkan teknik tes dan non tes. Teknik tes dengan cara melihat hasil
lembar kerja siswa, sedangkan teknik non tes menggunakan observasi
siswa, observasi proses pembelajaran, dan angket kreativitas. Analisis data
secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yaitu butir soal,
lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi
peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui metode mind mapping.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada indikator
kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan
keterperincian. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan
banyaknya siswa yang tuntas sebelum tindakan sebanyak 8 siswa
(30,77%). Pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (46,15%). Siklus II
meningkat menjadi 19 siswa (73,08%). Pada siklus III yaitu 22 siswa
(84,62%). Peningkatan pada siswa terlihat siswa mampu mengembangkan
gagasannya lebih terperinci, menuliskan gagasan dalam bentuk peta
konsep dengan lancar, memecahkan masalah sesuai dengan gagasan dan
hasil pemikirannya sendiri. Hasil penelitian diharapkan dapat dipraktikkan
guru dalam pembelajaran sehingga memudahkan belajar siswa. Penelitian
ini juga dapat menjadi dasar sumber referensi bagi penelitian di masa
mendatang.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:15
Last Modified: 27 Jan 2023 04:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39252

Actions (login required)

View Item View Item