MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V UPTD SPF SDN SUKOSARI 2

Martaningsih, Sri Tutur (2021) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V UPTD SPF SDN SUKOSARI 2. In: Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD.

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 21.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 21.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa transisi pasca pandemic covid 19 membuat siswa yang sudah terbiasa belajar dari rumah dengan segala fasilitas yang dapat mereka gunakan terutama gawai, membuat siswa ketika disekolah cepat merasa bosan selama proses pembelajaran.tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar adalah suatu ketertarikan terhadap suatu pelajaran yang kemudian mendorong individu untuk mempelajari dan menekuni pelajaran tersebut. Model Problem Based learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menantang peserta didik untuk belajar, dan bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Setelah dilakukan tindakan sebanyak 2 siklus terdapat meningkatan yang signifikan pada siklus 1 hasil belajar siswa masih mencapai 40% artinya minat belajar siswa masih dirasa kurang mencapai tujuan yang diharapkan, sehingga dengan perbaikan yang dilakukan di siklus II ada peningkatan secara signifikan hasil belajar siswa yaitu 85,7% atau 12 orang siswa mendapat nilai diatas atau sama dengan KKM, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di UPTD SPF SDN Sukosari 2

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:22
Last Modified: 27 Jan 2023 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39257

Actions (login required)

View Item View Item