PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V SDN 2 PULIHARJO

Martaningsih, Sri Tutur (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V SDN 2 PULIHARJO. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 22.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 22.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 2 Puliharjo. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Puliharjo pada bulan Juli tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Proses pembelajaran dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa. Hasil nilai prasiklus rata-rata kelas V yaitu 59.2, dengan ketuntasan 39%. Setelah dilakukan dilakukan tindakan, rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi 66.2 dengan ketuntasan 54% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 73.5 dengan ketuntasan 77%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:30
Last Modified: 27 Jan 2023 06:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39258

Actions (login required)

View Item View Item