PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS, PEMAHAMAN KONSEP DAN MULTIREPRESENTATION SKILL PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X

Puspitasari, Ariati Dina and Fitri, Fajar (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS, PEMAHAMAN KONSEP DAN MULTIREPRESENTATION SKILL PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X. [Artikel Dosen] (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Penelitian_PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST BERBASIS COMPUTER BASED TEST_com.pdf] Text
Laporan Penelitian_PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST BERBASIS COMPUTER BASED TEST_com.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses melatih peserta didik untuk dapat memiliki kemampuan
yang komprehensif. Kemampuan yang komprehensif tersebut terdiri dari kemampuan kognitif,
afektif maupun psikomotorik. Di era Revolusi 4.0 ini, muncul berbagai aspek kemampuan
kognitif peserta didik. Seperti kemampuan berfikir, kemampuan proses, kemampuan multi
representation, dll. Kemampuan berfikir juga dibagi lagi menjadi beberapa aspek, seperti
kemampuan berfikir kritis, kemampuan berfikir kreatif, kemampuan berfikir logis, dll. Selain
kemampuan berfikir, siswa dilatih untuk dapat memahami konsep dengan baik. Hal tersebut
juga akan memunculkan kemampuan representation siswa terhadap suatu masalah atau
fenomena.
Berdasarkan data riset kemampuan literasi dan matematika yang diselenggarakan oleh
kemendikbud pada 2016 lalu, dalam program AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia)
menyatakan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia masih rendah. Kemampuan literasi
yang rendah ini menunjukkan bahwa kenalar dan memahami konsep masih rendah, siswa lebih
banyak menghafal. Survei tersebut melibatkan siswa di 34 Provinsi di Indonesia dengan
sampel siswa kelas IV, VII dan XI di setiap jenjang pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Gerak Lurus kemampuan
berfikir kritis, pemahaman konsep dan multirepresentation skill peserta didik kelas X pada
materi Gerak Lurus yang berbasis Computer Based Test (CBT). Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define,
Design, Develop dan Deseminate. Hasil pengembangan akan diujikan ke sekolah untuk
melihat tingkat validitas, reliabilitas dan daya beda soal, serta untuk mengetahui respon siswa
terhadap produk yang dikembangkan.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: instrument; CBT;berpikir kritis; multirepresentatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd Puspitasari Ariati Dina
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:35
Last Modified: 30 Jan 2023 01:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39268

Actions (login required)

View Item View Item