PER REVIEW PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS, PEMAHAMAN KONSEP DAN MULTIREPRESENTATION SKILL PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X

Puspitasari, Ariati Dina and Fitri, Fajar (2019) PER REVIEW PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS, PEMAHAMAN KONSEP DAN MULTIREPRESENTATION SKILL PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[thumbnail of Per Review_Puspitasari_instrument; CBT;berpikir kritis; multirepresentatif.pdf] Text
Per Review_Puspitasari_instrument; CBT;berpikir kritis; multirepresentatif.pdf

Download (572kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses melatih peserta didik untuk dapat memiliki kemampuan yang komprehensif. Kemampuan yang komprehensif tersebut terdiri dari kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotorik. Di era Revolusi 4.0 ini, muncul berbagai aspek kemampuan kognitif peserta didik. Seperti kemampuan berfikir, kemampuan proses, kemampuan multi representation, dll. Kemampuan berfikir juga dibagi lagi menjadi beberapa aspek, seperti kemampuan berfikir kritis, kemampuan berfikir kreatif, kemampuan berfikir logis, dll. Selain kemampuan berfikir, siswa dilatih untuk dapat memahami konsep dengan baik. Hal tersebut juga akan memunculkan kemampuan representation siswa terhadap suatu masalah atau fenomena. Berdasarkan data riset kemampuan literasi dan matematika yang diselenggarakan oleh kemendikbud pada 2016 lalu, dalam program AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) menyatakan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia masih rendah. Kemampuan literasi yang rendah ini menunjukkan bahwa kenalar dan memahami konsep masih rendah, siswa lebih banyak menghafal. Survei tersebut melibatkan siswa di 34 Provinsi di Indonesia dengan sampel siswa kelas IV, VII dan XI di setiap jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Gerak Lurus kemampuan berfikir kritis, pemahaman konsep dan multirepresentation skill peserta didik kelas X pada materi Gerak Lurus yang berbasis Computer Based Test (CBT). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop dan Deseminate. Hasil pengembangan akan diujikan ke sekolah untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas dan daya beda soal, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan.

Item Type: Other
Keyword: Instrument; CBT;berpikir kritis; multirepresentatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd Puspitasari Ariati Dina
Date Deposited: 28 Jan 2023 04:21
Last Modified: 28 Jan 2023 04:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39274

Actions (login required)

View Item View Item