EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Adi, Bimantara Wahyu and Prasetya, Akhmad Fajar and Gunawan, I Made Sonny (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 7 (2). pp. 1774-1781. ISSN 2503 – 1708

[thumbnail of Siap Upload Penelitian_Sinta 5_CBT CR.pdf] Text
Siap Upload Penelitian_Sinta 5_CBT CR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih dengan teknik nonprobability sampling design menggunakan purposive sampling. Pemilihan sampel didapatkan 12 siswa dari kelas XI Tata Busana 2 dan XI Tata Busana 3 yang berkategori nilai angket motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan uji wikcoxon yang termasuk dalam analisis non parametrik. Hasil penelitian menunjukan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Akhmad Fajar Prasetya
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:47
Last Modified: 30 Jan 2023 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39308

Actions (login required)

View Item View Item