PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA

Wiantisa, Febi Nura and Prasetya, Akhmad Fajar and Gunawan, I Made Sonny and Leksono, Tri and Yuzarion, Yuzarion (2022) PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 7 (2). pp. 1725-1732. ISSN 2503 – 1708

[thumbnail of Siap Upload Penelitian_Sinta 5_Website.pdf] Text
Siap Upload Penelitian_Sinta 5_Website.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tanggung jawab akademik merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap siswa untuk dapat bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan yang dilakukan dalam lingkungan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media website dengan materi yang berisikan pengertian tanggung jawab akademik, indikator tanggung jawab akademik, faktor rendahnya tanggung jawab akademik, manfaat memiliki tanggung jawab akademik, serta cara meningkatkan tanggung jawab akademik. Dalam penelitian ini penggunaan media website dianggap efektif karena dapat memberikan kemudahan bagi pengguan sistem, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, serta dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Penelitian ini menggunakan model Research and Development dengan mengadopsi metode Borg and Gall sampai pada tahap ke lima, yaitu mencari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain media, menguji validitas desain, dan perbaikan desain. Hasil uji validitas ahli menunjukkan pengembangan model ini dalam kategori yang layak pakai. Berdasarkan hal tersebut maka media berbasis website dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Akhmad Fajar Prasetya
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:48
Last Modified: 30 Jan 2023 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39309

Actions (login required)

View Item View Item